Pelindo IV Revitalisasi Gudang Peninggalan Belanda di Pelabuhan Manado

DKI Jakarta  – Pembangunan terminal penumpang pelabuhan Manado diperkirakan menelan anggaran  investasi sebesar Rp 4,2 miliar.  PT Pelabuhan Indonesia Pelindo IV (Persero) mentargetkan renovasi bekas gudang heritage untuk dijadikan terminal penumpang di Pelabuhan Manado rampung di akhir bulan ini Maret 2017.

Hal itu ditegaskan General Manager Pelindo IV Cabang Manado, Capt. Syarifuddin Hamma baru-baru ini. Dikatakan saat ini progress pembangunannya sudah mencapai 85%.

“Tinggal tahap finishing dan ditargetkan akhir bulan ini (Maret) sudah selesai pengerjaannya,” ujar Syarifuddin.

Lebih lanjut dikemukakan, total ada tujuh gudang bekas peninggalan Belanda di Pelabuhan Manado yang direnovasi untuk dijadikan terminal penumpang. Keseluruhannya menghabiskan anggaran investasi sebesar Rp 4,2 miliar.

Selain merenovasi gudang bekas peninggalan Belanda lanjut Syarifuddin, pihaknya juga akan melakukan penambahan sejumlah fasilitas pendukung, yang bakal melengkapi terminal yang memiliki luas sekira satu lapangan bola tersebut.

Pihaknya segera mengupayakan kehadiran mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dari bank BUMN lainnya, menemani beberapa mesin ATM yang sudah tersedia.

“Selain itu, kami juga akan meneyediakan spot jajanan khas dan UMKM, agar wisatawan lokal maupun internasional bisa membeli cinderamata.”

Pihaknya juga bakal menertibkan para pengangkut barang dan akses transportasi dalam pelabuhan, supaya para penumpang dan wisatawan yang akan menggunakan moda transportasi laut melalui Pelabuhan Manado merasa nyaman dan memiliki kesan baik saat berkunjung ke kota berjuluk Kota Tinutuan tersebut.

Semua itu, tambah Capt. Syarifuddin Hamma, sebagai salah satu bentuk andil Pelindo IV dalam mendukung upaya Pembangunan Pemprov Sulawesi Utara. “Khususnya Pemkot Manado yang kini tengah menggiatkan sektor pariwisata, yaitu dengan menyediakan berbagai infrastruktur,” pungkasnya. (Dewi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here