Pengadilan Negeri Cibinong Terus Kembangkan Inovasi Layanan Bagi Para Pencari Keadilan

Pengadilan Negeri Cibinong Terus Kembangkan Inovasi Layanan Bagi Para Pencari Keadilan

Wartadki.com – Berdialog di Tegar Beriman (Teman) 95,3 FM Diskominfo Kabupaten Bogor, Kamis (18/3), Ketua Pengadilan Negeri Cibinong Kelas 1A, Irfanudin menuturkan, di masa pandemi Covid-19, kami terus mengembangkan inovasi layanan untuk para pencari keadilan dan masyarakat pengguna layanan pengadilan.

“Kami sedang membangun zona integritas, dan salah satu inovasi yang sedang kami kembangkan adalah beberapa aplikasi berbasis online, dengan aplikasi ini masyarakat bisa melihat dan mengakses semua layanan pengadilan, mulai dari jadwal sidang, dan layanan lainnya bisa diakses secara online,” tutur Irfanudin.

Ia menambahkan, terkait dengan penyikapan situasi pandemi saat ini dimana orang cenderung menghindari kerumunan, kita aplikasikan pemanggilan orang yang berkaitan dengan jalannya persidangan dan lain-lain dengan drone yang akan berkeliling. Intinya kami terus berupaya memberikan kemudahan dan layanan sebaik mungkin kepada para pencari keadilan dan pengguna layanan pengadilan.

“Setiap layanan tentunya berjalan berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sudah ditetapkan, misalnya ada layanan permohonan surat keterangan melalui aplikasi yang SOP nya harus diselesaikan di hari yang sama sepanjang semua persyaratan sudah lengkap,” ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, begitu pula dengan layanan yang terkait permohonan atau persetujuan untuk penyitaan, itu pun ada SOP nya, untuk layanan yang terkait dengan tugas pokok seperti persidangan, kita pun sudah dibatasi dengan waktu kerja sehingga output dalam bentuk salinan putusan bisa dihasilkan tepat waktu misalnya perkara perdata paling lama 5 bulan kecuali ada alasan yang mendasar.

“Dengan berbagai kemudahan layanan berbasis aplikasi yang diberikan lembaga peradilan, mudah-mudahan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Kabupaten Bogor khususnya secara maksimal sehingga bisa mengurangi pertemuan langsung secara fisik antara masyarakat dengan aparatur peradilan,” terang Irfanudin.

Menutup perbincangan, Irfanudin mengatakan, saya mengapresiasi Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor karena selama ini banyak program-program pengadilan yang disupport pemerintah daerah. Kami juga sangat merasakan bantuan-bantuan pemerintah daerah diantaranya merespon ajuan bantuan ruang sidang. “Saat ini kami kekurangan ruang sidang termasuk juga kami pernah mendapat bantuan hibah lahan parkir yang tentunya sangat mendukung layanan kami,” tutupnya.(Tim Komunikasi)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )