Wartadki.com|Ratusan warga pagi ini, Senin (04/06/2018) sudah memadati kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor yang berlokasi di Jalan Adnan Wijaya, Kota Bogor. Tak ayal, antrean panjang warga yang ingin mencetak KTP-el hingga ke ruas jalan raya.

Banyaknya antrean ini bukan tanpa alasan, terhitung hari ini Senin (04/06) Disdukcapil Kota Bogor sudah mulai membuka kembali pelayanan cetak KTP-el hingga 13 Juni 2018 atau H-2 Lebran. Sebab, beberapa bulan ini yang menjadi kendala Disdukcapil tidak bisa mencetak KTP-el disebabkan tinta habis. Namun kini sudah kembali tersedia.

“Tinta sudah tersedia. Insya Allah tinta dan blanko mencukupi,” ujar Kepala Disdukcapil Kota Bogor, Dody Ahdiat

Dody mengatakan, diperkirakan jumlah warga yang akan datang untuk mencetak KTP-el hari ini bisa mencapai 700 hingga 800 orang. Untuk mengakomodir seluruh permohonan pencetakan KTP-el yang sudah Print Ready Record (PRR) atau siap cetak pihaknya akan membuka pelayanan sampai menjelang H-2 Lebaran.

“Kami akan buka sampai 13 Juni karena yang PRR mencapai 17 ribu KTP-el akibat sempat tertunda beberapa bulan,” jelasnya.

Ia menuturkan, permohonan cetak KTP-el yang sudah PRR bisa jadi dalam waktu sehari. Dirinya menyarankan agar sebelum datang ke kantor terlebih dahulu mengecek status KTP-el yang bersangkutan di web disdukcapil.kotabogor.go.id untuk mengetahui status KTP-el apakah sudah PRR atau masih dalam penunggalan data di Kemendagri. Jika status KTP-el sudah PRR silahkan datang ke kantor dengan membawa Kartu Keluarga (KK) atau suket (surat keterangan) atau KTP-el yang rusak atau bawa surat keterangan hilang.

“Pemohonan KTP-el boleh juga diwakilkan dengan surat kuasa dari yang bersangkutan untuk menghindari penyalahgunaan KTP-el sebagai identitas pribadi oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here