Universitas Pertahanan (Unhan) Gelar Parade Cinta Tanah Air (PCTA)

Universitas Pertahanan (Unhan) Gelar Parade Cinta Tanah Air (PCTA)

Bogor – Demi terwujudnya rasa cinta tanah air dan kesadaran Bela Negara dikalangan generasi muda, Universitas Pertahanan (UNHAN) gelar kegiatan Parade Cinta Tanah Air (PCTA), bertempat di Auditorium UNHAN, Kampus Bela Negara Kawasan IPSC Sentul, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Kamis (27/07/2017).

Tidak luput UNHAN giat berpartisipasi secara aktif untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan Bela Negara kepada masyarakat Kota dan Kabupaten Bogor dengan wadah program PCTA.

UNHAN sebagai institusi pendidikan di bawah Kementrian Pertahanan menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi yang dalam hal ini terkait dengan aspek pengabdian kepada masyarakat.

Selaku penyelenggara kegiatan lomba pidato dan karya tulis ilmiah, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat ( LP2M) menerangkan bahwa PCTA yang diadakan UNHAN, dituangkan dalam bentuk lomba pidato dan karya tulis tingkat SMA dan SMK se-Bogor.

Unhan Akan selenggarakan Lomba Pidato dan Karya Tulis Untuk Bangkitkan Kesadaran Bela Negara dan telah mengadakan penilaian sejak bulan April 2017, dengan jumlah peserta tahap penyisihan lomba pidato sejumlah 1600 naskah dan rekaman pidato, sedangkan untuk karya tulis mencapai 1600 naskah yang masuk ke panitia.

Dari hasil seleksi ditahap penyisihan peserta yang sampai ke tahap final sejumlah 20 orang untuk lomba pidato dan 20 naskah karya tulis. Pelaksanaan pada tahap penyisihan menggunakan sistim desk review oleh dewan juri, yang dilaksanakan pada minggu ke I sampai dengan minggu ke II bulan Juli 2017.

Pengumuman pemenang tahap penyisihan lomba pidato dan karya tulis ilmiah pada minggu ke III bulan Juli 2017, sedangkan tahap final dilaksanakan pada minggu ke IV bulan Juli 2017. Selama kegiatan lomba pidato dan karya tulis dalam rangka program Parade Cinta Tanah Air (PCTA), untuk tahap penyisihan dan final dilaksanakan di Universitas Pertahanan.

Sementara itu, Rektor UNHAN LetjenTNI DR. I Wayan Midhio, M.Phil, bahwa secara garis besar kegiatan PCTA bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menuangkan pemikiran sesuai standar penulisan ilmiah.
Ia menambahkan (I Wayan Midhio,red) kegiatan PCTA juga mampu mengantarkan peserta kepada ketrampilan ataupun kemahiran menulis, dan dapat mengurai suatu permasalahan dan dapat menyelesaikan solusinya,” ungkapnya kepada wartadki.com

“Merasa bangga kepada siswa siswi peserta yang mengikuti kegiatan PCTA, karena memiliki potensi yang baik dan nantinya dapat melanjutkan pendidikan nantinya di UNHAN,” jelasnya lagi

Rektor UNHAN berharap, dengan adanya kegiatan PCTA ini menggelar Lomba pidato dan karya tulis ilmiah bela negara ini agar menciptakan anak-anak generasi muda sebagai penerus bangsa, serta tidak luput dibekali dengan kemampuan dan pemahaman pentingnya karakter bangsa dan bela negara, sehingga nantinya tercipta pemimpin-pemimpin bangsa yang handal yang dapat membawa bangsa dan negara Indonesia menjadi negara yang maju dan bermartabat , sehingga dapat bersaing di kancah dunia International.

Turut hadir dalam acara kegiatan (PCTA) pejabat eselon I, II, dan III dilingkungan UNHAN serta para Kepala Sekolah (Kepsek) dan Guru pendamping dan perwakilan siswa siswi dari perwakilan 11 SMU dan SMK Kota dan Kabupaten Bogor yang mengikuti final lomba pidato dan karya tulis program PCTA. (Wawan suherman)

TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )