Lomba Festival Barzanji, Melestarikan Tradisi Keagamaan

Depok-Pengurus Cabang Fatayat NU Depok menggelar Festival Barzanji. Menurut Ketua Fatayat NU Depok Hj. Yuminah mengungkap bahwa antusias masyarakat dalam pembacaan maulid cukup tinggi di kota Sejuta Maulid Pasalnya, panitia harus membatasi peserta hanya 25 tim. “Antusias masyarakat cukup tinggi dalam mengikuti lomba festival barzanji. Tradisi keagamaan ini harus terus dilestarikan,” ujarnya seusai acara di Komplek Arhath Sport Center,  Jl.H Nawi Malik, Pondok Petir, Bojongsari, Depok. Selasa (28/3).

Yumi mengungkapkan dalam festival tersebut satu tim berisi 10 orang membacakan Maulid  diba’,  rawi syarofal anam dan barzanji).  Ia menambahkan, saat penampilan setiap tim dibolehkan menggunakan alat musik (rebana atau marawis-red) selama 15 menit. “Kita sangat bangga dengan penampilan peserta yang sangat bagus. Apalagi, banyak pesertanya Cowok dan Cewek. Ini bukti bahwa maulid membumi di Depik,”terangnya.

Dia menambahkan, setelah menjalani  penilaian terpilih sebagai  juara I Raudhatul Jannah Cipayung, juara II  Asshriyah Nurul Iman Bojongsari dan juara III Baiturrahman Cimangis serta harapan I Annuriyah Cimanggis. Dirinya mengungkapkan totak hadiah  uang tunai Rp 5 juta, Tropi Bergilir, Tropi Tetap, Setifikat, dan beragam  Souvenir menarik dari sponsor. “Acara ini merupakan acara tahunan dan otomatis yang juara Kecamatan Cipayung tahun depan tuan rumah. Kita ucapkan terimakasih kepad semua pihak yang telah ikut mensukseskannya,”tandasnya.

Wakil Rois Syuriah PC NU Depok KH. Abdul Mujib mengungkapkan bahwa pembacaan barzanji atau maulis sudah menjadi tradisi NU. Menurutnya, NU selama ini fokus pada pelestarian tradisi yang baik dan menerima hal baru yang baik juga. “Ini juga bagian dari dakwah NU ke masyarakat melalui seni dengan pembacaan barzanji diiringi musik. Semoga bisa tetap memberikan manfaat bagi masyarakat,”harapnya.
Dalam acara itu juga dimeriahkan dengan bazar. Tampak hadir  dalam festival tersebut Kepala Kesbangpol Depok, perwakilan  Dispora, Disdik, Ketua MUI Depok, Wasekum PBNU,  PC NU Depok, Banom NU, Ketua DPD Golkar Depok dan lainnya. (Aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here