Warta DKI
FituredKomunitas

GP Ansor Bojongsari Bekali Kader dan Masyarakat Menulis  Secara Jurnalistik 

GP Ansor Bojongsari Bekali Kader dan Masyarakat Menulis  Secara Jurnalistik 

Wartadki.com|Depok, — Pengurus Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Bojongsari telah menyelesaikan pelatihan jurnalistik. Peserta pelatihan dari Perwakilan Ansor, anak milenial dan masyarakat umum. Dalam  kegiatan tersebut menghadirkan salah satu  narasumber Abdul Hakim, seorang jurnalis berpengalaman dari NU Jawa Barat.

Hakim dalam pemaparannya memulai sesi dengan mengulas dasar-dasar penulisan berita. Dirinya juga mengingatkan pentingnya mematuhi prinsip-prinsip jurnalistik seperti akurasi, keberimbangan, dan objektivitas.

“Menulis berita tidak hanya tentang menyampaikan informasi, tetapi juga harus dapat menggugah minat pembaca dan menjaga kredibilitas media,” ujarnya seusai menjadi narasumber Pelatihan Jurnalistik yang digelar PAC GP Ansor Kecamatan Bojongsari yang bertajuk “Cara Menulis Berita yang Efektif dan Menarik”.

Menurutnya, para peserta tampak antusias mengikuti setiap materi yang disampaikan. Mereka diajak untuk praktek langsung membuat berita berdasarkan peristiwa terkini di sekitar mereka. Dirinya  juga memberikan tips dan trik untuk menulis judul yang menarik, menyusun lead yang kuat, serta menyusun tubuh berita yang koheren dan informatif.

“Tentu, kalau tulisan menarik masyarakat juga akan tertarik dalam membacanya. Untuk menghasilkan tulisan yang baik harus sering-sering menulis,”jelasnya.

Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Bojongsari Awaludin  menyampaikan  tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas anggota dan masyarakat dalam bidang jurnalistik.

“Kami berharap dengan adanya pelatihan ini, para peserta dapat lebih berkontribusi dalam menyampaikan informasi yang bermanfaat dan mendidik bagi masyarakat,” ujarnya.

Dikatakannya, pelatihan jurnalistik ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan dan keterampilan baru bagi peserta. Sehingga mereka dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan pelatihan ini juga diharapkan turut serta dalam membangun media yang lebih baik dan berkualitas,”harapnya.

Mampu Meningkatkan Kualitas  SDM

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Addin Jauharuddin menanggapi acara tersebut. Dirinya mengingatkan kader Ansor dan Banser agar meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Selamat dan sukses kegiatan pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan oleh PAC GP Ansor Bojongsari. Semoga mampu meningkatkan kualitas individu untuk semakin maju,” katanya.

Ia menegaskan, salah satu tantangan terbesar GP Ansor saat ini adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Sebuah organisasi akan bertambah baik dan maju dengan kualitas sumber daya manusia yang baik.
“Melalui pelatihan jurnalistik ini, diharapkan mampu meningkatkan kualitas kader, kualitas SDM yang semakin baik,” tandasnya.

Acara yang berlangsung di kediaman Ikhwan Hikayat ketua LPBHNU tersebut juga diisi oleh para aktivis NU yang juga berpengalaman sebagai Jurnalis. Didik Suyuthi jurnalis Indopos yang juga pengurus Lembaga Talif wan Nasyr (LTN) PBNU masa khidmat 2015-2020.  Syahrudin seorang penulis artikel, Dony Lesmana redaktur Jawapos. Siswanto Stafsus Wapres RI hadir memberi sambutan, dan M Awaludin kordinator acara.

Di akhir kegiatan diisi dengan sesi tanya jawab. Dimana peserta berkesempatan untuk bertanya langsung kepada para narasumber mengenai berbagai tantangan dalam dunia jurnalistik.

Related posts

Direktur Produk Skincare PT. Pesona Mahameru Beserta Kuasa Hukum Hadiri Sidang Mediasi Pertama di PN Cibinong

Redaksi

Polsek Gunung Putri, Kabupaten Bogor  Lakukan Olah TKP Curas

Redaksi

Empat Terdakwa Pembunuhan di Ancol Dilimpahkan Ke Kejari Jakut

Redaksi

Pemkab Bogor Dukung Penuh  Kemajuan Olahraga Kabupaten Bogor

Redaksi

Forum Pemuda Buru Bersatu Gelar Musyawarah Jelang Pemilihan Ketua Umum

Redaksi

Bupati Bogor Respon Positif Gerakan Penanaman Pohon

Redaksi Wartadki

Leave a Comment