Warta DKI
FituredPendidikan

Indonesia Berjaya di Ajang Olimpiade Matematika International SIMOC 2023, Singapura

Indonesia Berjaya di Ajang Olimpiade Matematika International SIMOC 2023, Singapura

Wartadki.com|Jakarta, — Para pelajar Indonesia berhasil meraih gelar juara pada ajang bergengsi Singapore International Math Olympiad Challenge  (Simoc) 2023. Olimpiade matematika bergengsi tingkat dunia  ini diselenggarakan pada tanggal 22-25 Juli 2023 yang lalu di National University Singapore (NUS), Singapura.

Simoc 2023 kali ini diikuti oleh 1633 siswa dari 30 negara termasuk Indonesia, China, Hong kong, Jepang,  Singapore, Thailand, Vietnam, India, Pakistan, Laos, Mongolia, Canada, Mexico, dll.

Peserta dari Indonesia  berjumlah 181 siswa yang tersebar dari grade 1 sampai grade 12.

Salah satu murid Indonesia berprestasi, Giorgio Remiel Pohar (grade 12, Jubilee school, Jakarta) berhasil meraih medali emas beserta teamnya untuk kategori Mind Sport. Giorgio juga mendapat 2 medali perunggu  untuk kategori Math Olympiad dan Math Warrior.

Beberapa murid Indonesia lain yang berhasil menjadi champion di antaranya:   Oliver Aldrie Widhyanto,  Grade 8 dari Springfield School Raffles Hills – (Overall Champion),  Fredrick Ardiy Gan grade 8 dari Bina Tunas Bangsa School – (1st runner up Champion), Matthew Ravanelli Tjiptono – grade 9 dari SMP BPK Penabur Banda – (2nd runner up Champion), Roderich Utomo – grade 10 dari Tzu Chi School – (2nd runner up Champion).

Keberhasilan para pelajar Indonesia ini diapresiasi Duta Besar Indonesia  untuk negara Singapura Suryo Pratomo di Singapore International Math Olympiad Challenge  (Simoc) 2023.

“Saya sangat bangga melihat pencapaian ini. Banyak siswa-siswa Indonesia  yang membawa kebanggaan bagi Bangsa Indonesia,” ujarnya dengan bangga dalam pidatonya di Simoc 2023.

Simoc terdiri dari 3 kategori, yaitu yang pertama adalah  Math Olympiad: individual written test, yang kedua adalah  Math Warrior: games yang dilakukan secara berkelompok dan yang ketiga adalah Mind Sport: puzzle & problem solving yang harus dipecahkan secara berkelompok.

Ide soal matematika yang harus dilakukan secara berkelompok (team work) ini sangatlah menarik dan bagus sekali karena banyak hal dalam kehidupan nyata yang memang harus kita kerjakan secara team work.

Jika kita punya team yang kuat dan solid, soal serumit apapun akan mudah untuk  dipecahkan.

Semoga ke depannya, semakin banyak lagi siswa Indonesia yang bisa mengharumkan nama bangsa di kancah olimpiade dunia. Demi Kemajuan Indonesia. (Rufa)

Related posts

Membangun Kepercayaan Publik, Mengkomunikasikan Risiko Pemindahan Ibu Kota Secara Efektif Dan Transparan

Redaksi

Masih Zona Orange, Pemkot Bogor Tegaskan Tidak Buka Sekolah Tatap Muka

Redaksi Wartadki

Tuntaskan Safari Ramadhan NU Depok Perkuat Tradisi Amaliyah Aswaja

Redaksi

Polsek Gunung Putri Amankan Diduga Pelaku Pembunuhan di Tlajung Udik

Redaksi

Dua Ahli Waris Pemilik Tanah Bersertifikat di Bogor Dilaporkan ke Polisi, Ini Respon Kuasa Hukumnya

Redaksi

Lembaga Pemantau Pemilu Suara Rakyat Gelar Diskusi Publik Kontroversi Presiden Berkampanye

Redaksi

Leave a Comment