Pulau Seribu Tawarkan Sejuta Pesona Keindahan

Terbentang sepanjang 100 mil dengan luas 108.000 hektar, gugusan Pulau Seribu memiliki tidak  kurang dari 108 pulau dengan karakteristik wisata yang berbeda. Enam diantaranya telah dijadikan pulau resort yang telah dikenal baik di kalangan wisatawan mancanegara.

Tidak seperti biasanya pagi itu belum begitu terik, matahari seakan masih malu untuk memancarkan sinarnya. Udara pagi tepi pantai yang dibawa hembusan angin seperti menghadirkan sesuatu yang berbeda bagi antrian orang di Dermaga 17 Pantai Marina Ancol. Antrian yang dimulai sejak fajar menjelang itu adalah antrian orang yang hendak mengunjungi gugusan Pulau Seribu.

Antrian memang terlihat lebih panjang dibanding hari biasanya maklum saat itu adalah akhir pekan. Hari dimana banyak warga Jakarta memilih untuk pergi berlibur, menjauh dari rutinitas sehari-hari. Dan gugusan pulau di teluk Jakarta ini merupakan tempat yang menjadi idola, selain daerah Puncak, Bandung dan Anyer tentunya.

Sang Nahkoda kapal hilir mudik untuk melihat kesiapan kapal yang akan dikemudikannya. Kapal cepat berkapasitas 20 orang-an ini siap untuk membelah lautan. Sesaat kemudian kapal berputar, maju perlahan dan mulai berjalan. Makin lama kecepatan kapal semakin bertambah, hingga para penumpang yang berada di dalamnya terasa diayun-ayun.

Kapal penumpang ini mempunya dimensi yang lumayan besar, tertutup dan memiliki kursi busa dengan posisi tiga kursi samping kanan dan tiga kursi samping kiri yang dipisahkan jalan di tengahnya. Sehingga walau terombang-ambing oleh gelombang, penumpang masih bisa duduk nyaman tanpa kecipratan air.

Pulau Bidadari

Selang 20 menit, pulau pertama mulai terlihat.  Rimbunan dedaunan dan tepi pantai sudah terlihat, dan kapal pun segera merapat ke dermaga kayu. Pulau yang tak seberapa besar ini merupakan pulau terdekat dengan Jakarta namanya, Pulau Bidadari.

Pulau Bidadari merupakan salah satu dari ratusan pulau kecil yang tersebar di Teluk Jakarta. Bisa dibilang Pulau Bidadari berfungsi sebagai pintu masuk wisatawan yang hendak mengunjungi gugusan Pulau Seribu dari arah Marina Ancol.

Pulau ini tidak hanya menawarkan wisata alam tetapi juga wisata sejarah. Pasalnya tepat ditengah Pulau Bidadari, berdiri bekas menara pengawas. Meski telah tinggal puing, namun keberadaannya cukup menjadi perhatian wisatawan.  Selain pulau kecil ini masih banyak pulau-pulau lain yang memiliki pesona wisata.

Sebut saja Pulau Untung Jawa, pulau ini juga letaknya tak seberapa jauh dari Jakarta, jika ditempuh dengan kapal cepat mungkin hanya memakan waktu sekitar 30 menit saja. Pulau Untung Jawa telah dijadikan taman wisata oleh dinas pariwisata terkait karena banyaknya potensi wisata yang bisa dinikmati.

Disini pengunjung bisa menikmati pemandangan alam pantai yang alami sambil menyantap ikan bakar segar atau sekedar minum es kelapa muda. Di Pulau Untung Jawa juga tersedia penginapan dengan harga 80 sampai 100 ribu rupiah per malam bagi pengunjung yang berminat untuk bermalam.

Selain dua pulau terdekat ini masih banyak pulau lain di Kepulauan Seribu yang menawarkan sejuta pesona keindahan. Pulau Seribu yang merupakan wilayah kabupaten dibawah Provinsi DKI Jakarta membagi pulau-pulau yang diperuntukan sebagai tujuan wisata, terdiri atas wisata umum dan wisata khusus. Enam pulau diantaranya telah dijadikan pulau resort yang lengkap dengan sarana dan prasarana yang telah dikenal baik sampai ke mancanegara.

Pulau Tidung

Setidaknya masih ada 108 pulau dengan karakteristik wisata yang berbeda, dari yang hanya sekedar plesiran sampai yang berbau petualangan. Dari yang bertarif mahal sampai yang berbandrol murah. Sebut saja Pulau Tidung, pulau yang satu ini dapat dinikmati oleh mereka yang berkocek pas-pasan. Pasalnya banyak rumah penduduk yang dijadikan tempat penginapan dengan tarif yang sangat terjangkau. Pun begitu dengan tarif kapal penyebrangan, selain dari Marina Ancol, Pulau Tidung dapat di tempuh dari Muara Angke dengan kapal kayu yang ongkosnya lebih murah.

Jika mempunyai dana yang cukup, gugusan pulau yang menjadi tempat wisata seperti Pulau Air, Pulau Onrust, Pulau Untung Jawa, Pulau Rambut, Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Pulau Sepa, Pulau Putri, Pulau Kotok dan terakhir adalah Pulau Pantara, bisa didatangi dalam kurun waktu beberapa hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here