Parkir Meter Elektronik di Kota Bogor Dioperasikan 1 Oktober

Wartadki.com|Bogor – Mesin Terminal Parkir Elektronik (TPE) yang telah terpasang di Jalan Otista dan Jalan Suryakencana, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, akan segera dioperasikan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor per 1 Oktober mendatang. Total ada 18 unit TPE untuk menggantikan sistem parkir konvensional menjadi smart parking.

Mesin yang dibawa PT. Vertikal Akses Semesta itu merupakan mesin TPE buatan Swedia dengan harga per unitnya sebesar Rp 122 juta atau jika dijumlahkan untuk 18 mesin tersebut sebesar Rp 2,2 miliar.

Respati Adi Sucahyo dari PT Vertikal Akses Asia, Jumat (21/09/2018) menerangkan, mesin TPE itu menggunakan sumber energi surya atau tenaga matahari (solar cell) dengan kekuatannya yang mampu bertahan hingga 20 tahun.

“Mesin TPE itu menggunakan baterai dan bahan bakar solar cell atau penggunaannya menggunakan tenaga surya. Mesin ini juga sangat kuat, mudah perawatannya,” jelas Respati.

Lebih jauh ia menerangkan, mesin TPE itu kali pertama dibuat dan dilakukan uji cobanya tahun 2014 silam di Kota Bandung. Sampai saat ini, telah dipasang ratusan di berbagai daerah di Indonesia.

“Sampai saat ini sudah 450 mesin yang sudah kita pasang di berbagai daerah di Indonesia. Salah satu keunggulan mesin ini meskipun saat musim hujan yang minim matahari yang hanya mampu menyerap 30 persen ke baterai, tapi mesin ini bisa bertahan hingga 14 hari,” bebernya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here