Warta DKI
Berita UtamaNasionalPendidikan

Presiden Joko Widodo: Universitas Gunadarma Sebagai Kampus Pertama di IKN

Presiden Joko Widodo Universitas Gunadarma Sebagai Kampus Pertama di IKN

Wartadki.com|Ibukota Nusantara, — Universitas Gunadarma (UG) menjadi salah satu perguruan tinggi yang ikut  dalam kegiatan ground breaking tahap 6 di Ibukota Nusantara pada tanggal 4 Juni 2024. Pada kesempatan tersebut, Rektor Universitas Gunadarma (UG), Prof. E.S. Margianti, menyampaikan terima kasih atas dukungan Otoritas Ibukota Nusantara atas kepercayaan dan dukungannya dalam terwujudnya Kampus Doktor Program Internasional UG di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN.

Lebih lanjut, Pimpinan UG juga menyatakan,  “Untuk mendukung kota cerdas berkelanjutan di IKN melalui penyiapan sumberdaya manusia yang berkualitas, UG akan memindahkan fasilitas super komputer dari Kampus Jakarta ke Kampus Program Doktor Internasional ini,”jelasnya.

Berbagai fasilitas terkini akan disiapkan, khususnya dalam mendukung keilmuan dibidang data sains dan kecerdasan buatan. Komitmen UG tersebut disambut baik oleh Kepala Negara.

Presiden Joko Widodo Universitas Gunadarma Sebagai Kampus Pertama di IKN

Dalam sambutan jelang prosesi, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyatakan, “Saya sangat menghargai, mengapresiasi, Universitas Gunadarma sebagai kampus pertama yang akan dibangun di Ibukota Nusantara yaitu Universitas Gunadarma”.

Acara diawali dengan tayangan site plan tiga dimensi dan disain gedung Kampus Program Doktor Internasional dengan iringan lagu “Gunadarma untuk Indonesia”. Desain Gedung Kampus ini telah melalui proses kurasi oleh Kurator Pembangunan IKN, yang juga menghadiri acara Ground Breaking, Ridwan Kamil. Desain gedung Kampus yang berlokasi di kawasan Edutown, salah satu kawasan strategis di IKN, menerapkan prinsip bangunan cerdas nusantara sesuai pedoman dari OIKN yang tertuang dalam Surat Edaran Kepala OIKN nomor 9 tahun 2023 tentang Pedoman Pembangunan Bangunan Cerdas di Ibu Kota Nusantara.

Acara ground breaking ini juga dihadiri oleh Menteri PUPR yang sekaligus menjabat sebagai plt. Kepala OIKN Basuki Hadimuljono serta wakil Plt. Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara/Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni dan segenap pimpinan OIKN, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prof. Muhadjir Effendy, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Dalam Negeri Indonesia Jendral Polisi (Purn.) Prof. Muhammad Tito Karnavian, beserta Menteri pendamping Kabinet Indonesia Maju lainnya dan Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, serta Pj. Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun.

Pimpinan UG menambahkan bahwa Universitas Gunadarma menyakini dengan pergantian kepimpinan OIKN yang baru akan mampu menjaga kesinambungan pembangunan di IKN serta menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh para Investor di IKN saat ini sehingga mampu mempercepat kebijakan satu atap yang terintegrasi. Kami yakin dengan terjalinnya sinergitas tersebut akan mendorong lebih banyak rekan investor untuk melakukan investasi di IKN.

Acara bersejarah ini juga disiarkan secara langsung oleh UGTV dan direlay Radio Megaswara di tujuh kota. UGTV dan radio Megaswara merupakan lembaga penyiaran yang dikelola UG. Pada saat yang sama, UG menyelenggarakan rangkaian acara di 4 lokasi kampus di Jakarta, Depok, Bekasi, dan Karawaci Tangerang.

 

Related posts

Pelindo Investama Dan Jasa Armada Indonesia Tandatangani MoU Komersial dan Komunikasi Pasar Modal

Redaksi

HUT Koperasi ke 75, Gelar Turnamen Sepak Bola U-14 Piala Walikota Depok

Redaksi

TP-PKK Kabupaten Konawe Selatan Studi Banding Penanganan Stunting di Kota Depok

Redaksi

Apkasi Procurement Network 2024, Mendorong Serapan Tingkat Kandungan Dalam Negeri

Redaksi

Ini Data Korban Tragedi Kecelakaan Beruntun di Cisarua, Kabupaten Bogor

Redaksi

Pokir Komisi D DPRD Kota Depok, Perbaikan Terhadap Pelayanan Dasar Agar Merata Dan Tepat Sasaran

Redaksi

Leave a Comment