Warta DKI
Berita UtamaBisnisNasional

Konsumen Indonesia Makin Cerdas Menuju Konsumen Yang Kritis

Konsumen Indonesia Makin Cerdas Menuju Konsumen Yang Kritis

Wartadki.com|Jakarta, — Konsumen Indonesia secara bertahap makin cerdas, hal ini bisa terlihat dari peningkatan Indeks Keberdayaan Konsumen. Berdasarkan data pada tahun 2017, Indeks Keberdayaan Konsumen baru mencapai nilai 33,70 atau masih pada tahap Paham. Sedangkan tahun 2023 sudah mencapai nilai 57,04 atau pada tahap Mampu. Hal ini diungkapkan Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan pada acara Puncak Peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) Tahun 2024 di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (24 April 2024).

Mendag berharap, konsumen Indonesia bisa menjadi konsumen yang kritis, yaitu konsumen yang mampu memperjuangkan hak dan kewajibannya serta mengutamakan produk dalam negeri.

Sementara itu  Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Moga Simatupang menyampaikan, tema peringatan Harkonas Tahun 2024–2028 yaitu “Perlindungan Konsumen Menuju Indonesia Emas” dengan subtema Tahun 2024 “Konsumen Kritis Cerdas Bertransaksi”. Indonesia pada usianya ke-100 di tahun 2045 diharapkan menjadi negara Nusantara Berdaulat, Maju, Berkelanjutan dan menjadi kekuatan ekonomi 5 besar di dunia.

Pada acara Puncak Peringatan Harkonas Tahun 2024 juga dilakukan Gelar Wicara Konsumen Kritis Cerdas Bertransaksi. Sesi ini menghadirkan beberapa narasumber, yaitu Direktur Pemberdayaan Konsumen Kemendag, Chandrini Mestika Dewi; Putri Indonesia 2024, Harashta Haifa Zahra; dan Duta Konsumen Cerdas 2012–2016, Tasya Kamila. Sesi ini dimoderatori oleh Glory Oyong.

 

Related posts

Kumham Peduli Daerah Terpencil, Karutan Ikuti Touring Bersama Pegawai Se-Bogor Raya

Redaksi

Sylvanne Hanya Korban Suruhan, PN Jakarta Utara Diminta Bebaskan Dari Dakwaan ITE

Redaksi

MRC Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir Di Banten

Redaksi

HUT Polri ke-76, Pemkab Bogor Bersama Polres Bogor Gaungkan Peduli Lingkungan

Redaksi

Saksi Mengatakan Tidak Tahu Tentang Perbuatan Terdakwa Steven

Redaksi

Jalin Sinergitas KSP Dan Kodam III/Siliwangi Gelar Rakor Evaluasi Program Prioritas Nasional

Redaksi

Leave a Comment