Warta DKI
FeaturedFituredKomunitas

ITQA Perkuat Islam Rahmatan Lil Al-Amin Perjuangan KH. Hasyim Muzadi

ITQA Perkuat Islam Rahmatan Lil Al-Amin Perjuangan KH. Hasyim Muzadi

Wartadki.com|Depok, — Peringatan Haul ke-7 Alm. KH. Hasyim Muzadi diperingati setiap 16 Maret berlangsung khidmat dan khusyuk. Lantunan doa, zikir, tahlil, khataman Al-Qur’an dibacakan yang dikhususkan untuk almarhum Momentum haul sebagai bagian dari meneladani dan meneruskan perjuangan serta cita-cita semasa hidupnya. Hal itu diungkapkan Mursyid Ikhwan Thoriqoh Qidiriyah Aroqiyah (ITQA) Indonesia KH. Muhammad Hilmi Ash-Shiddiqi.

“Kita ikut serta memperkuat dan meneruskan cita-cita luhur KH. Hasyim Muzadi. Salah satunya dalam menyebarkan Islam Rahmatan Lil Al-Amin yang telah digagas serta dijalankannya semasa hidupnya. Tentu, konsep Islam Rahmatan Lil Alamin melalui Thoriqoh,”ujarnya seusai menghadiri pembacaan doa pada Peringatan Haul di makam KH. Hasyim Muzadi, Pesantren Al-Hikam, Kukusan, Beji.

Kiyai Hilmi menuturkan melalui Thoriqoh ITQA membentuk pribadi yang Sholih Muslih, Keluarga sakinah mawadah wa Rahmah, Qoryah Mubarokah atau kampung yang berkah, ibadah thoyyibah dan khoiru ummah. “Perlu diingat, dengan Haul kita mengingat kembali dan meneladani almarhum. Beliau itu sosok yang mengayomi seluruh umat yang berbeda suku, agama, ras, bahasa, budaya dan sebagainya. Ingat, bahwa mengayomi salah satu bagian dari Islam Rahmatan Lil Alamin,”jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum ITQA KH. Iie Naseri Muhammad menilai sosok KH. Hasyim Muzadi sebagai sosok yang Istiqomah dalam perjuangan. Hal itu terbukti dari rekam jejak semasa hidupnya yang aktif berorganisasi di NU dari tingkatan bawah hingga menempati Ketum PBNU.

“Beliau itu memiliki semangat juang yang tinggi dalam keagamaan dan konsisten di NU. Sebagai seorang pendakwah yang juga diterima di semua kalangan,” terangnya.

Dikatakannya, memiliki empati yang besar dan senang dalam membangun SDM yang unggul khususnya pada generasi muda. Menurutnya, dengan adanya Pesantren Al-Hikam di Depok salah satu wujud membentuk pribadi unggul dengan Akhlakul Karimah. “Beliau itu senang dan peduli dalam membangun SDM pemuda yang unggul,”kesannya.

Dalam peringatan haul ke-7 KH. Hasyim Muzadi juga diselenggarakan di makam pada 16 Maret 2024 juga diisi pengajian kita Riyadlus Sholihin oleh Pengasuh Pesantren Al-Hikam KH. Yusron Ash-Shidqi. Beragam kegiatan keagamaan dan sosial seperti donor darah dll.

Related posts

Pedagang Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor Dapat Bantuan 1.000 Face Shield dari Gojek

Redaksi Wartadki

Ungkap Jaringan Peredaran Narkotika, Polres Bogor Amankan Barang Bukti Ganja Seberat 6,03 KG dan Berbagai Jenis Narkotika

Redaksi

Terminal Penumpang Pelindo Pastikan Kesiapan Layani Arus Mudik Natal dan Tahun Baru

Redaksi

Dewan Pimpinan Pusat AIPBR Kunjungi dan Memberi Bantuan Bagi Keluarga Duka

Redaksi

Susun RKPD 2024, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto Pastikan Program Samisade Dilanjutkan

Redaksi

SWI Mendaftarkan Diri Untuk Menjadi Konstituen Dewan Pers

Redaksi

Leave a Comment