SMPN 4 Depok Adakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa

Wartadki.com|Depok – Untuk meningkatkan kedisiplinan dan kemandirian anak serta mengembangkan Pertumbuhan Budi Pekerti, seluruh siswa-siswi di SMP 4 Depok mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Sekolah SMP 4 Rahmat SPd.

Rahmat mengatakan bahwa kegiatan LDKS tersebut rutin dilakukan disetiap tahunnya hanya saja ditahun ini ada perbedaan terkait peserta dari LDKS tersebut.

“Kami ingin dengan adanya kegiatan ini anak-anak akan semakin peduli dan lebih bertanggung jawab paling tidak terhadap dirinya sendiri, seperti memperhatikan masalah seragam karena hal-hal kecil seperti ini apabila diperhatikan akan berdampak besar baik bagi dirinya sendiri maupun bagi lingkungan,” jelasnya.

Dijelaskan bahwa minat siswa terhadap LDKS ini sangat besar terbukti banyak dari siswa-siswi dari kelas delapan dan sembilan yang ingin ikut dalam kegiatan tersebut.

“Memang dulu acara ini kita batasi hanya untuk pengurus saja tetapi belakangan banyak yang protes karena saya berharap nantinya pengurus bisa menukarkan ilmunya kepada adik-adik kelasnya,” katanya.

Diharapkan dengan adanya LDKS anak-anak akan semakin mandiri dan mampu bersosialisasi dengan lingkungannya nanti, karena saat ini anak-anak sudah mulai belajar bagaimana cara berorganisasi karena menurutnya anak-anak sudah diberikan bekal dan keilmuan yang cukup.

“Karena kita ingin mempersiapkan anak-anak sejak dini sebelum nantinya anak-anak masuk ke jenjang yang lebih tinggi lagi karena sekolah itu adalah miniaturnya masyarakat sebelum nanti anak-anak terjun ke masyarakat,” jelasnya.

Karena apa yang diajarkan ke anak-anak saat ini sama persis apa yang nantinya berlaku di kehidupan sehari-hari seperti pelaksanaan pilkada atau pilgub disana anak-anak diberikan arahan mulai dari saksinya, kotak suaranya, calonnya semua dibuat semirip mungkin hal tersebut bertujuan agar anak-anak nantinya sudah terbiasa apa yang dilakukan di sekolah tidak jauh berbeda dengan  kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya pendidikan karakter saja yang diajarkan didalam LDKS tersebut tetapi nanti ada acara-acara santai disana.

“Tentunya materi kepramukaan yang akan kita berikan dan nanti juga ada inagurasinya juga, tidak hanya itu saja besok juga ada outbond dan malamnya juga nanti ada acara santai kita juga mempersilahkan kepada orang tua untuk hadir dan terlibat dalam mengawasi anak-anak nya,” tutupnya.(yopi)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here