Depok – Dalam rangka pembukaan Masa Sidang Pertama Tahun Sidang 2017-2018 yang dirangkaian dengan Peringatan Hari Jadi DPRD Kota Depok ke-18.  Wakil Ketua DPRD Kota Depok Yeti Wulandari, SH mengatakan dalam kata sambutannya bahwa dalam sidang paripurna ini masing-masing Alat Kelengkapan Dewan (AKD) menyampaikan Rencana Kerjanya selama Masa Sidang Pertama ini.

“Ini penting dalam rangka untuk pembenahan di semua sektor guna meningkatkan pengawasan serta melaksanakan program kerja yang telah diagendakan,” kata Yeti.

Komisi A yang membidangi masalah Pemerintahan, dalam penyampaian rencana kerjanya pada masa sidang pertama ini yang disampaikan langsung oleh ketua Komisi nya H.Nurhasim,S.IP menyampaikan bahwa Komisi A mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-18 DPRD Kota Depok semoga menjadi lembaga yang amanah dan dicintai oleh seluruh masyarakat.

“Komisi A akan melanjutkan beberapa agenda kegiatan yang belum terselesaikan pada masa sidang sebelumnya ditambah beberapa kegiatan baru yang menjadi fokus pembahasan Komisi A pada masa sidang pertama ini, antara lain : Memfasilitasi penyelesaian masalah Aset Fasos-Fasum dan mengusulkan pembentukan Pansus Aset, pengawasan terhadap penegakan Perda tentang Perijinan, mewujudkan Perda Inisiatif DPRD tentang Lembaga Kemitraan Kelurahan dan mendorong terwujudnya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang solid dan kinerja PNS yang profesional serta mendorong terciptanya keamanan dan ketertiban di wilayah Kota Depok,” jelasnya.

Sementara itu Komisi B yang membidangi masalah Perekonomian dan Keuangan Daerah, dalam penyampaian rencana kerja oleh Ketua Komisinya Hermanto,SE disampaikan bahwa akan melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan RPJMD Tahun2016-2021 terutama dari Sektor Keuangan dan mendorong kepada Pemerintah Kota Depok untuk bagaimana meningkatkan Pendapatan, terutama Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan melakukan Rapat Kerja yang intensif dengan OPD terkait antara lain Badan Keuangan Daerah guna mendiskusikan tentang peluang-peluang PAD yang bisa dioptimalkan.

“Melalui Komisi B juga akan mengusulkan Perda Inisiatif tentang CSR karena dengan adanya Perda CSR ini perusahaan akan peduli terhadap warga dan lingkungan sekitarnya seperti memberikan bantuan dana pendidikan/beasiswa kepada anak yang kurang mampu, membantu membangun fasilitas umum misalnya Mushola dan Posyandu,” ujarnya.

Komisi C yang membidangi masalah pembangunan, dalam penyampaian rencana kerjanya oleh Veronica Wiwin Widarini,SE  Anggota Komisi C dari Fraksi PDIP disampaikan bahwa yang menjadi Tugas pokok dan Fungsi Komisi C adalah : Pembangunan, jalan, Drainase, Sumber Daya Air, Tata Bangunan, Kebersihan, Pertamanan dan Lingkungan Hidup serta Perhubungan dan Pariwisata.

“Sesuai Tupoksi tersebut maka dipandang perlu adanya Koordinasi , Rapat Kerja, Konsultasi dengan OPD  terkait sebagai mitra kerjanya dan Rapat Dengar Pendapat dengan Masyarakat (RDP), dengan tujuan untuk mencari Data dan Informasi sebagai bahan masukan dan saran untuk dipertimbangkan dalam memberikan Rekomendasi kepada Pemerintahan Kota Depok,” katanya.

Seperti hal nya Komisi lainnya ketua Komisi D Lahmudin Abdullah ,S.Kom mengatakan akan melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap OPD terkait sebagai mitra kerjanya yaitu bidang Pendidikan, Kesehatan dan Kebudayaan, Agama, dan Sosial, Ketenagakerjaan serta kepemudaan dan Olahraga, antara lain : Pembangunan Sarana dan Prasarana Pendidikan agar menjadi prioritas pembangunannya karena sangat di tunggu masyarakat. Terkait PPDB Komisi D akan lebih serius memantau  pelaksanaannya agar tidak terjadi lagi permasalahan PPDB seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Komisi D dalam masa sidang pertama ini akan lebih fokus lagi dalam memantau ke Dinas Pendidikan dan dan dinas kesehatan untuk Sekolah karena pihak sekolah masih sering melakukan penundaan pemberian Ijasah kepada Siswanya. Dinas Kesehatan agar melakukan persiapan, penerapan dan sosialisasi terkait Perda Sistim Kesehatan Daerah (SKD) secara bertahap dan Intensif,”tandasnya.(yopi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here