DKI Jakarta- Dalam upaya turut mencerdaskan anak bangsa dan bertujuan mengembangkan potensi siswa-siswi pelajar dan lembaga sekolah agar mampu memenuhi standar penilaian Sekolah Adiwiyata.  PTP mengadakan Program Sekolah Dasar Juara Adiwiyata , dalam hal ini PTP bekerja sama dengan 4 (empat) sekolah di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok. Rencananya program ini akan dilaksanakan oleh PTP selama  4 (empat) bulan dengan jadwal pelaksanaan pada bulan Mei, Juli, Oktober, dan Desember tahun 2017.

Untuk tahun 2017 ini, 4 (empat) sekolah yang menjadi target program yaitu SD Barunawati III Tanjung Priok, SD 05 Pagi Tanjung Priok, dan SD 05 Pagi Koja, SD Barunawati IV Koja dengan melibatkan kurang lebih 400-an siswa partisipan. Program SD Juara Adiwiyata ini terdiri dari beberapa sub program yaitu Field Trip Maritim, Pembangunan/pemenuhan Fasilitas pendidikan/kebersihan Sekolah, Lomba Kebersihan serta Kampanye Kesehatan dan Kebersihan.

Sub program SD Juara Adiwiyata yang pertama kali dilaksanakan adalah Field Trip Maritim/Kepelabuhanan. Dalam field trip ini PTP  mengajak siswa-siswi SDN 05 Pagi Tanjung Priok untuk mengenal dunia maritim Indonesia dengan mengunjungi Museum Bahari (Maritim) yang terletak di Penjaringan Jakarta Utara. Para siswa diajak untuk berkeliling meihat dan mengapresiasi warisan budaya maritim Indonesia sembari diberikan penjelasan terkait pengetahuan dalam dunia maritim nasional oleh pendamping berpengalaman yang sudah disediakan perusahaan.

Selanjutnya program field trip ini dilanjutkan dengan kunjungan ke Pelabuhan Tanjung Priok. Pada sesi ini rombongan diajak berkeliling di area pelabuhan menggunakan bis untuk melihat kegiatan operasional di pelabuhan. Mematuhi aturan keselamatan perusahaan di area pelabuhan, para pelajar tidak diperkenankan turun ke dermaga.
Pemahaman terhadap kegiatan operasional yang dilakukan sehari-hari di pelabuhan diharapkan akan menumbuhkan rasa memiliki dan menghargai pentingnya peran pelabuhan sebagai salah satu tonggak kegiatan kemaritiman.

Diungkapkan , Corporate Secretary dan Hubungan Eksternal PTP, Kiki M Hikmat (17/05), program ini sesuai dengan rencana strategis tanggung jawab sosial perusahaan yaitu pengembangan dunia pendidikan khususnya dalam hal peningkatan kesehatan dan kepedulian lingkungan .

Kiki M Hikmat menambahkan,program ini salah satu program Community Development Perusahaan yang bertujuan untuk mengembangkan wawasan para siswa-siswi, betapa pentingnya operasional kepelabuhanan,sebagai salah satu pilar kegiatan maritim. Dan juga menimbulkan kecintaan terhadap warisan budaya bahari sebagai kebanggaan bangsa Indonesia. (Dewi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here