WartaDKI.com  Jakarta – Rapat Kerja Nasional Persekutuan Gereja-Gereja Pantekosta Indonesia (PGPI) dibuka secara resmi Menteri Agama Dr Lukman Hakim Saiffudin di GBI Mawar Sharon, Kelapa Gading, Jakarta, Selasa (7/11/2017) siang.

Dr Lukman Saifuddin mengucapkan selamat kepada PGPI dan seluruh peserta rapat kerja yang menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional 2017.

“Kita berterimakasih, atas nama pemeritah bahwa gereja aliran Pentekosta memiliki sumbangsih besar bagi Indonesia. Karena itu dalam Rapat Kerja diharapkan keputusan dan program terbaik, yang tidak hanya untuk umat Pantekosta saja tapi untuk kebaikan rakyat Indonesia,“ kata Lukman Saifuddin.

Selanjutnya, kata Menteri Agama, pada dasarnya semua agama yang adalah untuk menjaga harkat dan martabat manusia, bukan untuk konflik. Karena itu agama harus dikembalikan ke substansi dan esensi yang sesungguhnya.

“Kita  harus waspada dan berhati-hati,  jangan karena kepanatikan akan  agama kita, barangkali karena keterbatasan pengetahuan, kurang paham sehingga kerap melahirkan  kepanatikan agama yang dianut, saat melihat yang lain, agamanya berbeda  itu harus sama dengan kita. Itu harus dihindari,” ujarnya.

Terkadang, sambungnya, karena kepanatikan seringkali kita menggunakan cara kekerasan. Kalau itu yang terjadi kita telah mengingkari  substansi  ajaran agama. “Saya meyakini seperti agama Kristen umatnya mampu mengajarlan kasih kepada sesama, pun yang lain, seperti Islam juga identijnya dengan salam dan damai. Demikian juga Hindu dengan darma mengajarkan kebajikan bagi semua,” paparnya.

Lukman menegaskan agama memang  bicara hubungan umat dekat dengan Tuhan. Walau demikian esensi yang tak kalah penting juga bagaimana kita menempatkan diri dalam lingkungan menyangkut hubungan sesama.
Kita harus melihat sisi dalam agama karena sisi luar bicara formal, seperti  peribadatan dan ritual agama pasti berbeda. Agama dari sisi dalam, bicara esensi kebenaran,  misalnya mengajarkan  jangan menipu, jangan bohong dan lainnya, semua sama.

“Saya mengajak kita melihat agama dari sisi dalam. Itu juga pendahulu kita pegang terkait esensi  kemajemukan pancasila diilhami agama. Dengan demikian dalam konteks ini kita harapkan gereja pentakostal tetap memberikan sumbangan yang besar,” kata Lukman sembari mengucapkan selamat Rapat Kerja Nasional PGPI 2017.

Dr Lukman Saifuddin memukul gong didampingi oleh Pdt Dr Jacob Nahuway selaku Ketua Umum PGPI. Tampak hadir, Dirjen Bimas Kristen Prof Thomas Pentury, Ketua PGLLI Dr Ronny Mandang dan Ivan Rinaldi dari PGI. (philipus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here