Warta DKI
Berita Utama Megapolitan

Kuatkan Peran KIM Diera  Digitalisasi, Untuk Ciptakan Masyarakat Melek Informasi

Kuatkan Peran KIM Diera  Digitalisasi, Untuk Ciptakan Masyarakat Melek Informasi

Wartadki.com|Cibinong – Setalah terhenti akibat pandemi Covid-19, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor kembali melakukan pembinaan terhadap Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Bogor secara tatap muka, yang berlangsung di Aula Diskominfo Kabupaten Bogor, Kamis (22/9/22). Itu dilakukan sebagai upaya, penguatan dan pemberdayaan KIM sebagai mitra diseminasi informasi publik Pemerintah Kabupaten Bogor.

Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor, Bayu Ramawanto menerangkan, pembinaan dilakukan guna membantu memberikan informasi, pengetahuan, pengalaman, keterampilan yang bermanfaat kepada seluruh Kelompok Informasi Masyarakat.

“Dengan penguatan dan pemberdayaan KIM ini, kami harap KIM sebagai penyampai informasi dan penyalur aspirasi masyarakat dapat berdaya, mandiri dan mampu mengatasi permasalahan di masyarakat,” tegas Bayu.

Melalui KIM, masyarakat diberdayakan guna mendapatkan informasi yang dibutuhkan masyarakat agar tidak terjadi kesenjangan informasi. Itulah pentingnya pembinaan KIM sebagai mitra pemerintah dalam melakukan penyebaran informasi, sosialisasi dan diseminasi informasi pembangunan kepada masyarakat. Juga sebagai mediator komunikasi informasi pembangunan secara berkesinambungan.

Menurut Bayu Ramawanto, keberadaan KIM memberikan ruang bagi masyarakat untuk dapat berpartisipasi aktif dalam menambahkan akses informasi. Dalam memenuhi kebutuhan informasi yang cepat, tepat, akurat dan akuntabel seiring era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi.

“Dengan pembinaan ini, semoga KIM semakin kompak dan solid dalam memberikan informasi kepada pihak-pihak terkait yang membutuhkan informasi, sehingga akan terwujud masyarakat yang aktif, peduli, peka dan melek informasi,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kabid PIKP Kabupaten Bogor, Iwan Setiawan menambahkan, KIM harus bisa menjadi jembatan informasi antara pemerintah pusat, daerah dan masyarakat. ”Serta bisa menjadi wadah atau media informasi masyarakat di wilayah masing-masing” terang Iwan Setiawan.

Sementara itu, KIM Cibinong Taufik menyatakan, apresiasi kepada Diskominfo Kabupaten Bogor yang telah Kembali melakukan kegiatan pembinaan secara tatap muka, sehingga dapat mengupgrade pengetahuan informasi dan kemampuan diseminasi informasi yang sempat terhenti karena pandemi Covid-19.

“Semoga kegiatan seperti ini bisa sering dan rutin dilakukan, karena sangat bermanfaat selain dapat meningkatkan skill, kemampuan, pengetahuan juga dapat meningkatkan sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Bogor, Diskominfo, masyarakat dan sesama KIM,” imbuhnya.

Related posts

KPU Bersama Diskominfo Kabupaten Bogor Kolaborasi Sukseskan Pemilu dan Pilkada 2024

Redaksi

Polsek Lubuk Baja Bagikan Paket Makanan Untuk Masyarakat

Redaksi

Pemkab Bogor Ingatkan Pentingnya Dampingi Anak Saat Mengakses Internet

Redaksi

Sekda Kabupaten Bogor Apresiasi Kementerian PUPR terkait Penyelesaian Aset Jaringan Air Minum Perumahan Sentul City

Redaksi Wartadki

Bogor Career Center Solusi Tingkatkan Penyerapan Tenaga Kerja di Kabupaten Bogor

Redaksi

Dewan Pengawas BPJS ketenagakerjaan, Yayat Syariful Hidayat Berdialog Dengan Para Nelayan Di Cilincing, Jakarta Utara

Redaksi Wartadki

Leave a Comment