Kota Depok Berhasil Meraih Piala Adipura 2017 Kategori Kota Metropolis

Depok – Rasa haru serta bangga nampak terpancar dari raut wajah orang nomor satu dan nomor dua di Kota Depok,pasalnya perjuangan untuk mendapatkan penghargaan tertinggi di bidang kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan tercapai sudah.

Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan bahwa piala Adipura untuk kategori Kota Metropolis. Ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri untuk itu pihaknya menuturkan bahwa ini adalah kado istimewa untuk seluruh masyarakat Kota Depok.

“Maka dari itu, kami sangat bersyukur telah berhasil mendapatkan Piala Adipura 2017. Bahagia, terharu dan cemas dengan peraihan Piala Adipura ini. Sebab, ini adalah kado istimewa yang dipersembahkan bagi warga Depok,” ujar Walikota Depok Mohammad Idris didampingi Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna, Rabu (02/08) di Balaikota.

Idris menuturkan tim penilaian Adipura telah melakukan pemantauan secara langsung kondisi di Kota Depok seperti pemukiman, jalan, pasar, sekolah, perkantoran, pertokoan, bank sampah, perairan terbuka, taman kota, hutan kota, terminal, stasiun, rumah sakit, dan beberapa sejumlah area publik lainnya.

“penilaian untuk kota Depok pada Adipura P1 mendapatkan poin 73,26. Nilai tersebut, lebih tinggi dibanding standar batas nilai Adipura yang ditetapkan Pemerintah Pusat yakni 73. “Depok menjadi kota yang terbaik di Jawa Barat pada kategori kota metropolitan,” papar Idris.

Bahwa raihan Adipura ini adalah berkat kerja keras dan usaha para pimpinan sebelumnya, dan dukungan dari OPD serta masyarakat. Namun demikian, kami merasa cemas meskipun telah berhasil meraih Adipura ini.

“Adipura raihan seluruh komponen masyarakat, kita hanya fasilitasi saja. Ini kebanggaan bagi kami, bagaimana kebersamaan menangani kebersihan tidak hanya sampah. Tapi, juga infrastruktur dan kesertaan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan. Termasuk komunitas pegiat lingkungan yang banyak memiliki peran penting dalam meraih Adipura,” ujar Wali Kota.

Idris menambahkan, bahwa rasa cemas itu akan terhibur oleh ketegaran, potensi, kehebatan dan semangat dari DPRD, ASN, Komunitas serta berbagai elemen masyarakat yang senantiasa peduli menjaga dan melestarikan lingkungan.  “Maka dari itu, diharapkan bisa menjadi motivasi bagi semua masyarakat Depok dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Selain itu, kita juga ditantang bagaimana RTH di Kota Depok,” imbuh orang nomor satu di Kota Depok itu.

Untuk diketahui, Kota Depok mendapat Piala Adipura bersama 25 kota/kabupaten lainnya di Indonesia antara lain, Kota Semarang, Kota Bandung, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Cimahi, Surakarta, Yogyakarta, Tulungagung, dan Madiun. Sedangkan untuk Adipura Kencana diraih oleh Kota Surabaya, Kota Tangerang, Kota Malang, Kabupaten Kudus dan Kabupaten Jombang. (yopi)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here