Komunitas Qlevers, Belajar Lewat Media Online

DEPOK-Dunia maya menjadi penunjang dalam kebutuhan sehari-hari  dan sebagai media komunikasi. Salah satunya, dalam menunjang kesuksesan pendidikan bagi pelajar. Kemudahan teknologi dimanfaatkan dalam menjalankan proses belajar mengajar. Sebagai bentuk kepedulian dalam dunia pendidikan, Qlevers sebagai salah satu komunitas yang aktif berupaya mencerdaskan anak bangsa. Kepala Bidang Operasional dan Kerjasama Qlevers, Ridhowati mengungkapkan salah satu upaya dalam membantu siswa adalah melalui diskusi di dunia maya yang disediakan dalam sebuah website  memecahkan permasalahan pelajaran di sekolah.  “Dunia maya tidak identik dengan unsur negatif. Kami komunitas di bidang pendidikan yang berbentuk website,” katanya.

Menurutnya, komunitas ini dibentuk tahun 2016  aktif dijalankan di Januari 2017.  Ia mengungkapkan, sampai saat ini  sudah ada 700 siswa yang sudah bergabung di dalam komunitas Qlevers. Meski di dunia maya, namun pihaknya juga bersosialisasi ke sekolah langsung seperti belum lama ini  menyambangi salah satu sekolah swasta di bilangan Kelurahan Kemirimuka, Beji Kota Depok. “Di website kami ada tim yang menerima pertanyaan dari para siswa tentang pelajaran. Dimana tim itu dari kalangan guru,” jelasnya. 

Dikatakannya, salah satu tujuan Qlevers ini untuk mencerdaskan anak bangsa dan mempersilakan bagi para guru untuk bergabung di komunitas berbasis media online ini. selain itu, untuk bergabung dengan  komunitas ini tidak dipungut biaya.  “Salah satu targetnya  mempermudahkan anak belajar,  dengan cara berdiskusi soal pelajaran yang tidak dimengerti siswa di kelas,”tandasnya. (Aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here