KJRI Toronto Ditawarkan Pemkot Bogor Kerja Sama Pariwisata, Kesenian dan Budaya

KJRI Toronto Ditawarkan Pemkot Bogor Kerja Sama Pariwisata, Kesenian dan Budaya

Wartadki.com|Bogor – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Toronto, Kanada, Leonard F. Hutabarat menawarkan peluang kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dalam kaitan pengembangan  kerja sama di bidang pariwisata, seni budaya, investasi dan perdagangan.

Bahkan, pihak KJRI Toronto mengharapkan adanya delegasi dari Kota Bogor yang bisa berpartisipasi tampil pada ajang Indonesia Summer Festival di negara Kanada, 18 Juli 2020 mendatang.

“Saya dari KJRI Toronto menjajaki peluang untuk pengembangan kerja sama dengan Kota Bogor, terutama berkaitan dengan pariwisata atau kesenian dan kebudayaan yang diharapkan bisa ditampilkan di Kanada, khususnya di Toronto. Sebab, tidak lama lagi di Toronto akan melaksanakan kegiatan Indonesian Summer Festival pada 18 Juli 2020 dengan menampilkan seni dan budaya dari Kota Bogor,” kata Konjen RI Toronto, Leonard F. Hutabarat usai melangsungkan pertemuan dengan Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim di Paseban Narayana, Balai Kota Bogor, Kamis (23/01/2020).

Kegiatan Indonesia Summer Festival ini, sambung Leonard, merupakan kegiatan dari rangkaian peringatan Platinum Anniversary, HUT Kemerdekaan RI ke-75 yang dirayakan oleh warga Indonesia di Kanada. Kegiatan itu rutin diselenggarakan setiap tahunnya dengan menampilkan berbagai kesenian dan kuliner khas Indonesia yang dipadati oleh ribuan pengunjung.

“Yang kedua kita juga membahas terkait investasi dan perdagangan. Sejauh ini, komoditas yang banyak masuk di wilayah Kanada, khususnya di Toronto terkait dengan produk-produk pertanian atau perkebunan kopi, teh, kemudian juga berhubungan dengan vanilla, kayu manis, tekstil, alas kaki, dan sarang burung walet. Jadi, ada beberapa peluang bisnis yang bisa masuk dari Indonesia,” katanya.

Kemudian, masih dikatakan Leonard, dia menyampaikan keinginannya kepada Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim untuk menjajaki kerja sama dengan Kebun Raya Bogor. Penjajakan kerja sama dengan Kebun Raya Bogor ini, dimaksudkan Leonard, untuk mendorong para wisatawan asal Kanada agar datang dan berkunjung ke Kota Bogor  nantinya.

“Sebab ada sebanyak, kurang lebih 100 ribu wisatawan asal Kanada yang berkunjung ke Indonesia setiap tahunnya. Jadi mudah-mudahan hal ini juga bisa dibantu untuk difasilitasi, sehingga kedepannya diharapkan para wisatawan asal Kanada ini tertarik untuk berkunjung ke Kebun Raya Bogor,” tuturnya.

Di lokasi yang sama, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim menambahkan, guna menindaklanjuti tawaran tersebut Pemkot Bogor akan mendiskusikannya terlebih dahulu bersama dinas terkait. Setelah mendapatkan hasil diskusi, kemudian baru akan dilakukan pertemuan lanjutan dengan KJRI Toronto.

“Kita akan berkoordinasi terus dengan pihak KJRI kedepannya. Jika mengharuskan adanya delegasi untuk berpartisipasi di Indonesia Summer Festival nantinya maka perlu diadakan pertemuan kembali untuk membahas hal-hal teknis. Sebab, kegiatan itu merupakan rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 yang dirayakan oleh warga Indonesia di Kanada,” tambahnya.

Dalam pertemuan itu, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim turut didampingi oleh perwakilan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor. Sementara Konjen RI untuk Toronto, Leonard F. Hutabarat hadir bersama dengan rombongan dari pihak management Hotel Salak Heritage.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )