BOGOR – Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor mendapat kesempatan lebih dari  Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Bogor untuk mengumpulkan masyarakatnya sebanyak 800 orang yang merupakan sebagai pemohon dalam program prioritas presiden Republik Indonesia yakni Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2017.

Lurah Pabuaran, Kecamatan Bojonggede, Romli membenarkan jika dirinya mendapat kabar dari ketua Tim V (5) yakni Mariman selaku staf kantor ATR/BPN Kabupaten Bogor, bila kelurahan Pabuaran diminta untuk mengumpulkan sekitar 800 orang sebagai pemohon PTSL.

“Syukur alhamdulillah, kami barusan saja mendapat informasi dan permintaan dari ketua Tim V PTSL yaitu Pak Mariman. Bila kami diminta bersiap-siap untuk mengumpulkan warga yang menjadi pemohon PTSL yang mana seluruh kuota yang kita terima sudah ribuan yang telah K1 atau diketegorikan lengkap berkas,” kata Romli kepada wartawan, Rabu (01/11/17).

Ia menjelaskan, permintaan untuk mengumpulkan masyarakat jika kelurahan Pabuaran disebut-sebut pihak kelurahan yang telah sukses paling banyak menyerahkan berkas ke kantor ATR/BPN Kabupaten Bogor. Maka dari itu, sambung dia, dari ribuan berkas yang telah diproses oleh Kantor pertanahan itu akan dilakukan pencetakan sebanyak 800 bidang surat sertipikat untuk dibagikan secara simbolis oleh presiden RI, Joko Widodo.

“Jadi kami dianggap pihak yang disebut data paling banyak dan lengkap yang telah menyerahkan berkas ke Tim PTSL kantor ATR/BPN Kabupaten Bogor, dimana dari total kuota keseluruhan 2500 bidang,” ungkapnya.

Menurut Romli, permintaan paling terbanyak dalam pengumpulan warga sebagai pemohon PTSL untuk menghadiri secara langsung dalam pemberian simbolis surat sertipikat oleh Presiden Jokowi itu, menjadi suatu kebanggaan dirinya dan tim PTSL tingkat Kelurahan Pabuaran, dari 42 Kelurahan/Desa lainnya di empat kecamatan, Kabupaten Bogor.

“Alhamdulillah sekali, kami diminta mengumpulkan masyarakat paling terbanyak dari kelurahan/desa lainnya yang menerima kuota PTSL. Jadi nanti kita diminta kumpulkan dari 13 RW penerima kuota PTSL se-Kelurahan Pabuaran untuk mengundang masyarakat agar datang ke lapangan tegar Beriman dalam acara penyerahan surat sertipikat PTSL oleh pak Presiden secara langsung dipekan ketiga bulan November 2017 ini,” ucapnya.

Senada, Kasi Pemerintahan Kelurahan Pabuaran yang juga merupakan ketua Tim PTSL tingkat Kelurahan tersebut, Rodi Kurniadi mengaku sangat bangga dengan informasi yang diperoleh atasannya itu dari ketua Tim V PTSL. Dimana, berkas yang telah K1 telah diberikan seluruhnya ke Tim PTSL tingkat kantor ATR/BPN Kabupaten Bogor akan segera dicetak sedikitnya 800 berkas menjadi sertipikat.

“Saya sangat bangga serta senang dengan kinerja seluruh tim PTSL tingkat kelurahan ini, dimana dengan seluruhnya telah kami serahkan berkas dengan kategori berkas K1 akan menjadi wilayah paling terbanyak dicetak sertipikat untuk dijadikan penyerahan secara simbolis oleh bapak presiden di Lapangan Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor pada pekan kedua atau ketiga di bulan November 2017 ini,” tegas pria yang juga merupakan mantan ajudan Bupati Bogor itu. (Rul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here