DKI Jakarta – Sabtu pagi (05/08) di Jalan Raya Pasoso dan Jalan Raya Pelabuhan Tanjung Priok terlihat aktifitas meningkat,  ratusan truck yang membawa muatan antri secara tertib untuk menunggu masuk ke area Terminal Operasi 2 dan Terminal Operasi 3 PT. Pelabuhan Tanjung Priok (PTP). Namun demikian tidak terlihat kemacetan berarti di dalam pelabuhan, seluruh kegiatan hari ini berjalan baik.

Direktur Operasi dan Teknik PTP, Andi Isnovandiono menandaskan bahwa manajemen telah mengantisipasi melonjaknya jumlah traffik di PTP sejak minggu lalu. Beberapa cara diantaranya dengan menyediakan kantung berlokasi di lapangan ex JICT 2 bagi truk yang menuju Terminal Operasi 3, serta skenario rekayasa lalu lintas. “Penggunaan lapangan ex JICT 2 sebagai kantung parkir untuk mengurangi kepadatan truk adalah buah koordinasi yang dipimpin oleh Otorita Pelabuhan Tanjung Priok”, kata Andi.

Sebagaimana diketahui, PTP mendapatkan tambahan beberapa customer kapal petikemas Internasional baru pada bulan Agustus ini. Lebih dari 5 kapal telah meminta jadwal untuk dilayani oleh PTP diluar kapal-kapal yang telah rutin dilayani. Kapal-kapal petikemas internasional tersebut akan sandar di Terminal Operasi 3. Untuk mendukung lancarnya pelayanan, manajemen melakukan koordinasi intensif dengan seluruh lini dan stakehokder.

Dari sisi perencanaan, pihak Planning dan Control PTP telah menyiapkan lapangan agar cukup untuk menampung muatan dan bongkaran kapal. Berdasarkan data per hari Sabtu, ini Yard Occupatie Ratio (YOR) lapangan masih aman di angka 62 %. Sementara itu divisi Safety Security dan Environment (SSE) mengerahkan sebagian besar personil nya untuk membantu menertibkan lalu lintas di dalam dan luar pelabuhan. Sementara itu dari pelayanan billing kapal dan barang, aktivitas terlihat ramai dan teratur. Perwakilan pemilik barang dan Perusahaan Bongkar Muat terlihat tertib menunggu. PTP memberi jaminan pelayanan tidak terganggu. (Dewi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here