Warta DKI
Ragam

Ini Solusi Seskab Pramono Anung Terkait Tumpang Tindih Regulasi

Wartadki.com| Jakarta – Tumpang tindih regulasi yang saat ini dirasakan, menurut Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, untuk mengatasinya adalah melakukan penguatan kelembagaan,dengan cara membentuk suatu organ atau institusi tunggal (single centered body) pembentuk peraturan perundang-undangan. Hal ini diungkapkan Seskab Pramono Anung Anung saat menyampaikan keynote speech pada Seminar Nasional Reformasi Hukum: Menuju Peraturan Perundang-undangan yang Efektif dan Efisien, di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Rabu (28/11) pagi.
Seperti yang dikutip dari lama Setkab.go.id, lebih lanjut Pramono Anung menjelaskan gambaran umum dari organ tersebut, antara lain organ tersebut akan menjadi leader kementerian/lembaga dalam penyusunan peraturan perundang-undangan.
Fungsi pembentukan peraturan perundang-undangan di kementerian/lembaga, lanjut Seskab, akan dihapus tetapi kementerian/lembaga tetap menjadi pemrakarsa penyusunan suatu rancangan peraturan perundang-undangan, dan berkedudukan langsung di bawah Presiden.
Seskab menunjuk  beberapa contoh role model yang berhasil adalah di Korea Selatan Ministry of Government Legislation, yang beberapa waktu lalu kita sudah menandatangani MoU untuk mengetahui lebih banyak dan belajar lebih banyak tentang hal tersebut.
Selain itu, Seskab juga menunjuk contoh The Office of Information and Regulatory Affairs di Amerika Serikat, Cabinet Legislation Bureau di Jepang, dan The Office of Best Practice Regulation di Australia.
“Solusi tersebut tentunya juga melibatkan parlemen, karena hak legislasi ada di parlemen,” sambung Seskab seraya menambahkan, solusi tersebut juga memerlukan masukan dan kajian secara matang terlebih dahulu.
 

Related posts

Stadion Pakansari Bogor Sebagai Tuan Rumah Final Piala Presiden 2017

Redaksi

Diduga Salah Terapkan Hukum Ketua Majelis Dilaporkan ke KPN

Redaksi

Dirut PT Pelabuhan Tanjung Priok Lakukan Audit Internal

Redaksi

Deddy Mizwar: Walikota Depok Tolong Diperhatikan, Anak Ini Masih Butuh Pendidikan

Redaksi

Ketua Komisi C DPRD Kota Depok: Pemkot Harus Lebih Aktif, Realisasi Pelebaran Jalan

Redaksi

Revitalisasi KRPL dan TTIC Menjadi Fokus Kementan 2018

Redaksi

Leave a Comment