Himbauan Dewan Masjid Indonesia, Tingkatkan Kebersihan di Lingkungan Masjid

Himbauan Dewan Masjid Indonesia, Tingkatkan Kebersihan di Lingkungan Masjid

Wartadki.com|Jakarta – Terkait dengan adanya dua korban yang dinyatakan positif mengidap korona maka Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) M Jusuf Kalla lewat surat himbauan meminta agar seluruh takmir masjid maupun mushalla untuk meningkatkan kebersihan.

“Kepada seluruh jajaran pimpinan wilayah, daerah, cabang dan ranting untuk melakukan langkah sanitasi siaga bersama DKM serta takmir masjid atau musala,” kata Kalla melalui keterangan tertulis, Kamis (5/3/2020).

Setidaknya, ada enam poin utama yang disampaikan Kalla.

Selain menjaga kebersihan lantai dengan cara membersihkannya dengan cairan disinfektan, juga menjaga kebersihan karpet dan alas lainnya secara rutin dengan menggunakan vacum cleaner atau alat lain yang dianjurkan.

Di samping itu, tempat wudhu dan toilet juga harus dibersihkan rutin dengan menggunakan cairan disinfektan.

“Para jamaah yang shalat agar membawa sajadah atau sapu tangan atau kain bersih sendiri sebagai alas sujud masing-masing,” ujar Kalla.

JK juga meminta agar para jemaah yang sedang batuk, demam dan mengalami gejala sakit serupa flu dan gangguan pernapasan agar melaksanakan salat di rumah untuk sementara waktu hingga sembuh.

Terakhir, ia berharap peran serta aktif dari pengurus mesjid dan jamaah agar ikut mengawasi penyebaran atau penularan Covid-19 dan melaporkan warga yang  berada di sekitar lingkungan masjid jika dicurigai terdampak virus ini.

TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )