Warta DKI
Ragam

Harlah Pondok Pesantren As-Saadah, Semaan Al Qur’an

PONDOK Pesantren As-Sa’adah menggelar semaan Al-Qur’an 30 juz oleh Pengurus Jamiyyatul Qurro wal Huffadz (JQH) Kota Depok. Kegiatan tersebut dalam rangkaian  Peringatan Hari Lahir (Harlah)  Pondok Pesantren As-Saadah kedua pada tanggal 16 April 2017. Menurut Rois Majelis Ilmi KH. Jazim Hamidi mengungkapkan bahwa acara Semaan Al-Qur’an (membaca Al-Qur’an tanpa melihat teks) hadir di tengah masyarakat dalam rangkaian Haflah atau Harlah pesantren. Dirinya mengungkapkan, bahwa salah satu tujuannya adalah tabarrukan atau untuk mencapai keberkahan. “Kita semaan Al-Qur’an ini juga bagian dari doa agar acara lancar dan santrinya menjadi anak sholeh dan sholehah,”ujarnya. Pondok Pesantren As-Saadah, Jl. Rawa Indah NO. 115 RT 03/02 Bojong Pondok Terong Kec. Cipayung.
Jazim mengungkapkan, bahwa melalui Semaan Al-Qur’an memiliki banyak manfaatnya. Bukan hanya melalui pelafalan saja, lanjutnya, namun juga bisa membentuk karakter. Ia menambahkan, pembentukan karakter tersebut membutuhkan proses yang cukup panjang dan salah satu tujuan akhirnya adalah: berakhlak seperti Rasululah. “Melalui Semaan ini juga memiliki dampak yang luar biasa, baik pembaca maupun pendengarnya merasakan kekuatan Al-Qur’an. Efek psikologis dan spiritual juga dirasakan bagi pendengar maupun penyelenggaranya,”ujarnya.
Ketua JQH Kota Depok Ust. Imam Nafi mengungkapkan bahwa Semaan yang diselenggarakan di Pondok Pesantren As-Saadah tersebut merupakan bagian dari program bulanan. Selama ini, lanjutnya, program Semaan dilaksanakan setiap tanggal 22 di Sawangan. Namun, pihaknya menginginkan agar Semaan tersebut dilaksanakan setiap bulan pada hari Minggu. “Semaan ini bagaian dari program bulanan yang salah satu tujuaannya agar semua anggota bisa mengikutinya. Kali ini, sebanyak 12 huffadz yang ikut semaan,”paparnya.
Pengasuh Pondok Pesantren As-Saadah KH. Abdul Mujib mengungkapkan bahwa pihaknya berharap dalam kegiatan ini bisa mendapatkan berkah dan kebaikan melalui Semaan Al-Qur’an. Selain itu, lanjutnya, dirinya berharap agar semakin bisa memberikan manfaat kepada masyarakat secara umum.
Panitia kegiatan Ust. Triyono mengungkapkan bahwa acara Semaan bagian dari rangkaian Harlah. Selain itu, juga diselenggarakan juga kegiatan istigotsah dan sholawat nariyah. Menurutnya, tujuan diselenggarakannya acara juga untuk keselamatan bangsa dan negara. Dalam kesempatan tersebut tampak hadir Pengurus PC NU Kota Depok dan Para Huffadz (penghafal Al-Qur’an 30 juz).

Related posts

KONI Kota Depok Harus Proposional Dalam Menggunakan Anggaran

Redaksi

Pelindo IV Revitalisasi Gudang Peninggalan Belanda di Pelabuhan Manado

Redaksi

Presiden Jokowi Ingatkan Dampak Perang Dagang AS dan RRT Terhadap Kawasan Asean

Redaksi

Pelantikan Tim Pemenangan AMY Dapil Tiga Pilkada Kabupaten Bogor di Padati Ribuan Warga

Redaksi

Hardiono: Tenaga Honorer Dibutuhkan Demi Optimalisasi Pelayanan Publik

Redaksi Wartadki

Himpuh: Kasus Jamaah Umrah Gagal Berangkat Masih Akan Berlanjut

Redaksi

Leave a Comment