Bogor – Tatar Sunda adalah budaya yang tumbuh dan hidup dalam masyarakat Sunda. Budaya Sunda dikenal dengan budaya yang sangat menjunjung tinggi sopan santun. Pada umumnya karakter masyarakat Sunda adalah periang, ramah-tamah (soméah, seperti dalam falsafah someah hade ka semah), murah senyum, lemah-lembut, dan sangat menghormati orang tua. Itulah cermin budaya masyarakat Sunda.

Kecintaan dalam melestarikan kebudayaan sunda khususnya di Kabupaten Bogor, juga dibuktikan oleh salah satu stasiun televisi lokal MGS TV, yang secara serial membuat Ftv yang berlatat belakang Tatar Sunda dengan mengangkat tema sejarah lokal Bumi Tegar Beriman.

Konsistensi kecintaan dalam melestarikan dan memperkenalkan budaya Sunda, juga mendapat apresiasi dari budayawan dan sejarawan sunda Kabupaten Bogor.

“Kami sangat mendukung apa yang sudah dilakukan teman-teman dalam melestarikan dan memperkenalkan budaya sunda khususnya budaya lokal yang ada di Bogor ini,”kata Asep Ghondy.

Menurut Asep, dengan adanya Ftv Tatar Sunda akan lebih memudahkan masyarakat mengenal budaya lokal yang mungkin selama ini mereka belum mengetahuinya.

“Tentunya edukasi seperti ini akan lebih mudah dicerna dan lebih menarik perhatian masyarakat untuk mengenal dan mencintai budaya sunda karena dikemas dalam bentuk film atau sinetron,”paparnya.

Dia berharap, masyarakat lokal dan umum akan lebih mencintai kebudayaan sunda dengan semakin maraknya sineas sineas yang mengangkat film-film yang mengangkat budaya yang ada di Indonesia. (wawan suherman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here