Wartadki.com|Bogor – Kontingen Pusdalops-PB BPBD Kota Bogor berhasil meraih juara 2 kegiatan Jambore Pusdalops-PB BPBD Jawa Barat tahun 2018 yang digelar di Cirata, Kabupaten Bandung Barat, 12-14 Mei 2018.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Bogor Budi Hendrawan mengatakan, pihaknya mengirimkan satu tim yang berjumlah 6 orang yang terdiri dari 1 PNS dan 5 relawan. Jambore Pusdalops-PB BPBD Jawa Barat yang pertama kali digelar ini diikuti 22 Kota/Kabupaten se- Jawa Barat.

“Jadi dalam jambore ini setiap tim dinilai dalam upaya penanganan bencana gempa di waduk Cirata yang seolah-olah jebol,” ujarnya, Selasa (15/05/2018).

Dia menjelaskan, dalam penanganan tersebut tim BPBD Kota Bogor melakukan penyelamatan dengan teknik water rescue, yakni kegiatan pertolongan atau penyelamatan dengan cara pemindahan korban dari air tanpa mengabaikan keselamatan timnya. Tak hanya itu pihaknya juga melakukan penyelamatan dengan teknik vertical rescue (penyelamatan pada medan vertikal).

Dalam Jambore Pusdalops-PB BPBD Jawa Barat itu BPDB Kota Bogor membagi 3 unit satuan tugas, yakni unit data dan informasi, unit reaksi cepat (Quick Respon) dan unit pendukung operasional.

Budi berharap Jambore Pusdalops-PB BPBD ini dapat digelar secara rutin untuk melatih dan mengasah kemampuan anggota BPBD di setiap Kota/Kabupaten agar bisa lebih tanggap dalam melakukan penanganan bencana.

Selain BPBD Kota Bogor yang berhasil sebagai juara 2, juara 1 diraih BPBD Kota Tasikmalaya dan juara 3 diraih BPBD Kabupaten Kuningan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here