Aspirasi Masyarakat Melalui Mekanisme Penganggaran

0
141

Wartadki.com | Depok  – Warga Rt 07 Rw 01 Kelurahan Abadi Jaya menyambut gembira dan antusias kedatangan anggota DPRD Kota Depok, pasal nya kegiatan reses yang di lakukan oleh Turiman anggota DPRD dari fraksi Gerindra di lingkugan Rw 01 merupakan wilayah di mana dirinya tinggal,  oleh sebab itu warga sangat gembira dengan kegiatan reses tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Turiman mengajak untuk setiap masyarakat khususnya Ketua RT untuk pro aktif dalam memperhatikan kondisi lingkungan sekitar karena menurutnya pihaknya tidak bisa berbuat banyak apabila masyarakat terlebih Ketua RT tidak proaktif.

“Saya berharap untuk warga proaktif  untuk perbaikkan lingkungan karena semua ada anggarannya khusus untuk anggota DPRD Kota Depok itu Rp 2 Milyar per tahun yang berbentuk fisik dan non fisik,” jelasnya.

Turiman juga menjelaskan terkait tupoksi kinerja anggota DPRD serta tujuan dari reses karena menurutnya hal tersebut penting agar masyarakat paham dan tahu fungsi dan tugas dari anggota dewan.

“Tujuan reses agar anggota DPRDA bisa bersilahturahmi secara langsung kepada pemilihnya secara formal tujuannya  agar bisa menyerap aspirasi masyarakat apa yang menjadi harapan masyarakat Kota Depok bisa berupa saran atau berupa usulan karena tugas anggota DPRD adalah menganggarkan legislasi dan pengawasan.

“Ini perlu saya jelaskan karena banyak warga yang masih belum paham dan telpon saya tanya kenapa proposal aspirasi warga belum cair ini harus diluruskan karena memang semua ada mekanismenya kalau dana kita anggarkan di tahun 2017 maka cair di tahun 2018 jadi tidak bisa begitu dianggarkan sebulan atau dua bulan langsung cair”, katanya.

Dalam kegitan reses tersebut teryata tidak banyak permintaan dari pihak masyarakat justru ucapan terimakasih yang banyak terdengar karena masyarakat mengaggap wakil yang dipilihnya peka dan sudah memberikan yang terbaik untuk lingkungan sekitar.

Hal tersebut diungkapkan oleh seluruh perwakilan Ketua RT mulai dari RT 02 sampai RT 08 dimana pihaknya mengucapkan terima kasih karena lingkungan mereka saat ini sudah menjadi lebih baik.

“Kami sebagai warga mengucapkan terima kasih karena saat ini infrastruktur sudah menjadi baik tidak hanya itu warga yang membutuhkan Akta juga sekarang tidak perlu repot-repot mengurus karena cukup lapor Akta sudah sampai rumah tentunya bapak Turiman tidak perlu menjelaskan karena warga dapat menilai sendiri kinerja dari bapak Turiman selama ini,” ujar salah satu perwakilan Rt 02 dan Rt 08.

Menanggapi permintaan warga terkait kantong darah untuk warga yang menderita thalasemia pihaknya akan segera berkoordinasi dengan dinas kesehatan namun demikian untuk mewujudkan hal tersebut pihak nya meminta warga untuk melakukan audensi dengan anggota DPRD agar hal tersebut cepat mendapatkan respon dari Pemerintah.

“Ini akan menjadi catatan saya, dan saya akan mencoba mengusulkan kembali untuk itu saya meminta agar masyarakat membuat surat biar kita audensi dan kita akan panggil dinas kesehatan biar pemerintah juga bisa dengar,” tutupnya. (yopi)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here